5 Pertempuran yang paling Tersohor di Zaman Dahulu

1. Battle of Thermophylae (480 BC)



 Pertemuran Thermophylae terjadi pada tahun 480 SM antara Yunani(Sparta) yang dipimpin oleh Raja Leonidas dan Persia yang dipimpin oleh Xerxes yang terjadi di tempat yang terletak di Yunani tengah yang bernama Thermophylae.Walaupun jauh lebih sedikit jumlahnya, pasukan Yunani berhasil menahan Persia selama tiga hari pada pertempuran yang dianggap sebagai salah satu pertahanan terakhir paling terkenal ini. Sejumlah kecil pasukan yang dipimpin oleh Raja Leonidas dari Sparta menghalangi satu-satunya jalan yang dapat dilalui oleh pasukan besar Xerxes I dari Persia. Setelah tiga hari pertempuran, seorang penduduk lokal bernama Ephialtes berkhianat dengan membongkar jalur rahasia melalui pegunungan yang dapat dilalui untuk menembus garis pertahanan Yunani. Pasukan Persia berhasil menguasai celah tersebut dengan menderita kerugian yang sangat besar, tak seimbang dengan kerugian yang diderita pasukan Yunani.

2. Punic Wars I-II-III (264 BC to 146 BC)


 Perang Punisia adalah peperangan yang terjadi antara Romawi dengan Kartago antara tahun 264 hingga 146 SM, dan merupakan perang terbesar di dunia kuno.Kata Punisia sendiri berasar dari kata Punici, yang memiliki arti Bangsa Fenisia dalam bahasa Latin.

Perang ini terjadi akibat adanya keinginan Republik Romawi untuk memperluas daerah kekuasaannya.. Sebelum serangan Republik Romawi pada Perang Punisia I, Kekaisaran Kartago adalah penguasa daerah Mediterania dengan maritimnya yang kuat. Hingga akhirnya pada Perang Punisia III, Republik Romawi berhasil menghancurkan Kartago dan menghancurkan ibukotanya, sehingga menjadikan Republik Romawi sebagai penguasa terkuat di Mediterania bagian barat. 

3.Battle of Teutoburg Forest (9 CE)


Peperangan Teutoburg terjadi di hutan Teutourg Wald di Jerman. peperangan ini terjadi karena Arminius, Sang Jendral Roma berkebangsaan Jerman, berkhianat karena tidak sudi melihat bangsanya terpuruk dibawah pemerintahan Roma.ketika pasukan Jendral Varus akan dipindahkan ke benteng terdekat, dia menyangka bahwa semuanya akan baik-baik saja, karenanya dia hanya membawa sedikit pasukan, beserta wanita dan anak anak. dalam perjalanannya mereka melewati hutan Teutoburg, dan disanalah pasukan Jerman pimpinan Arminius menyergap pasukan Varus. dan kekalahan ini memunculkan quote yang sangat terkenal: "Varus, Give me back my legion" Augustus Caesar.

4.Ipsus (301 BC)


Pertempuran Ipsos adalah pertempuran yang terjadi antara beberapa Diadokhoi (para penerus Aleksander yang Agung) pada 301 SM di dekat desa Ipsos (bahasa Yunani Kuno: ????) di Frigia. Antigonos I Monofthalmos dan putranya Demetrios I dari Makedonia bertempur melawan gabungan dari tiga kawan Aleksander, yaitu Kassandros (penguasa Makedonia), Lisimakhos (penguasa Thrakia), dan Seleukos I Nikator (penguasa Babilonia dan Persia).

5.Battle of Alesia (52 BC)














Pertempuran Alesia atau Pengepungan Alesia adalah konflik yang terjadi pada September 52 SM di sekitar Gallia oppidum di Alesia, pusat kota utama dan kota bukit suku Mandubii, kemungkinan terletak di Chaux-des-Crotenay (Jura). Penyelidikan awal meletakkan Alesia di puncak Gunung Mont Auxois, di atas Alise-Sainte-Reine modern di Perancis, tetapi lokasi ini tidak sesuai dengan gambaran Caesar mengenai pertempuran tersebut. Alise-Sainte-Reine masih merupakan lokasi resmi Alesia. Pertempuran ini terjadi antara tentara Republik Romawi, dikomandoi oleh Kaisar Julius (Julius Caesar), dibantu oleh komandan kavaleri Markus Antonius, Titus Labienus dan Gaius Trebonius, melawan aliansi suku-suku Gallia yang bersatu di bawah pimpinan Vercingetorix dari Averni.


(Tulisan ini diberdayakan oleh Kaskus dan Sumber lainya)
Share this article :

Post a Comment