RANGKUMAN SNI III












Rangkuman SNI III

Dalam buku Sejarah Nasional Indonesia jilid ke-III ini yang berjudul Pertumbuhan dan Perkembangan Kerajaan-Kerajaan islam di Indonesia diutarakan peristiwa-peristiwa sejarah dari masa kedatangan islam,Serta pertumbuhan dan perkembangan kerajaan-kerajaan yang bercorak islam dipesisir kepulauan Indonesia. jangkauan waktu peristiwa-peristiwa yang di uraikan itu pada umunya sejak abad ke-16 sampai dengan abad ke-18.
Peristiwa-peristiwa sejarah tersebut sebagian diuraikan secara Strukturil & sebagian lagi secara Prosesuil. Hal ini dimaksudkan agar peristiwa-peristiwa sejarah tersebut dapat memberikan gambaran struktur terhadap social-ekonomi dan social-budaya bangsa Indonesia khususnya pada masa-masa tersebut diatas.
Buku dengan tebal halaman 412 tersebut di susun oleh Sartono Kartodirdjo, Marwati Djoened Poesponegoro, dan Nugroho Notosusanto. seyogyanya buku sejarah nasional Indonesia itu ada 6 jilid tapi disini saya akan sedikit mengulas yang jilid ke-3 saja. Tak dipungkiri Indonesia dengan Negara kepulauan terbanyak di dunia menyimpan sejuta lebih peristiwa yang sayang untuk dilewatkan dari mulai jaman prasejarah sampai kini. Tak akyal mengapa sejarawan dunia banyak yang mengatakan awal kehidupan manusia ini berada di Negara ini atau yang biasa di sebut dengan atlantis.
Menelaah dan masuk lebih dalam tentang buku SNI III ini, terdapat 5 bab di dalamnya dan di dalam bab tersebut terdapat beberapa sub bab. Bab pertama isi buku ini mengulas tentang “Pelayaran dan Perdagangan” di bab ini berisi tentang teknologi dan pusat pelayaran,bagaimana cara orang pada jaman itu berlayar,bagaimana cara berdagang pada waktu itu,dan tempat-tempat mana saja yang pas &  pantas untuk berdagang dan dijadikan pusat pelabuhan pada waktu itu.
Selanjutnya di bab ke dua ini  membahas tentang “Perkembangan Agama & Budaya Islam” di bab ini lebih di tekankan pada situasi serta kondisi politik & social budaya masa kedatangan  islam,saluran-saluran dan cara apa saja islam datang ke Indonesia,serta aliran-aliran apa saja yang ada di Indonesia & pengaruhnya.
Dan di bab ke tiga ini adalah “Pertumbuhan dan Perkembangan Kota-Kota” sub babnya terdiri dari corak kota yang di pengaruhi islam,jumlah penduduk,system ekonomi,system pemerintahan,tempat-tempat ibadah,dan lingkungan perkembangan islam di sana.
Masuk di bab ke empat ini adalah “Struktur Birokrasi Kerajaan-Kerajaan” materinya terdiri dari kekuasaan pemerintah pusat & daerah,hubungan pusat & daerah,dan hubungan antara satu kerajaan dengan kerajaan lain di Indonesia.
Dan di bab terakhir ini atau di bab ke lima “Reaksi Kerajaan-Kerajaan Islam terhadap Penetrasi Barat” disini lebih di tekankan bagaimana situasi kerajaan-kerajaan & penetrasi barat,dan reaksi kerajaan akan politik barat dan taktik perang apa saja yang dilakukan kedua Negara ini dan sebab akibat dari peperangan itu.
Itulah sedikit kilas tentang isi dari buku SNI III itu inti dari buku SNI III ini lebih kepada bagaimana islam bisa masuk ke Indonesia dan apa pengaruhnya.
Share this article :

Post a Comment